4 Tips Membeli Mobil Bekas yang Bagus, Aman dan Berkualitas

4 Tips Membeli Mobil Bekas yang Bagus dan Berkualitas

Tips membeli mobil bekas wajib Anda ketahui, mengingat hal ini untuk jaga jaga supaya tidak terjadi miss dikemudian hari.

Beberapa pemilik menjual mobilnya bukan karena performa yang sudah tidak baik lagi. Adapun kendaraan second tetapi kualitasnya mampu mendekati produk baru. Namun, Anda harus cukup jeli dan teliti untuk memilihnya.

Pelajari berbagai tips membeli mobil bekas menurut fedame agar tidak salah saat memilihnya.

Apa Saja Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman?

Apa Saja Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman

Tidak semua showroom menjual mobil bekas dengan kualitas terbaik. Kendaraan berkualitas tak hanya dilihat dari tampilan saja, namun juga performa yang masih dimilikinya. Maka, pastikan pilihan Anda mempunyai keduanya. Berikut beberapa tips penting sebelum membeli agar terhindar dari kecewa :

1. Kelengkapan Dokumen dan Catatan Sevice

Sebelum membeli mobil bekas di showroom pastikan kelengkapan dokumen yang dimiliki oleh penjual mulai dari STNK, BPKB maupun Faktur. Apabila kendaraan pilihan Anda merupakan built-up, maka tanyakan terkait Form A. Selanjutnya  periksa nomor rangka dan mesin, sesuaikan dengan kondisi fisik.

Selain itu, catatan service juga penting. Hal ini untuk mengetahui seberapa rutin mobil pilihan Anda mendapatkan perawatan. Jika pemilik sebelumnya merawat dengan baik, maka tentu memiliki performa lebih baik dari yang lain. Sebaiknya pilih kendaraan dengan bengkel resmi ketika dirawat.

2. Hati-hati dengan Harga Miring

Mobil bekas memang terkesan lebih murah daripada produk baru. Namun, jangan mudah tergiur apalagi jika harga ditawarkan sangat jauh di bawah pasaran. Anda harus memastikan bahwa kondisi kendaraan tersebut masih bagus serta performa yang dimilikinya cukup baik.

Barang berkualitas tentu tidak diberi tarif rendah, begitu pula sebaliknya. Jangan sampai hanya karena tergiur oleh label murah, Anda justru mendapatkan mobil bekas kecelakaan dan dijual kembali. Tentu performa kendaraan tak sebagus dengan yang lain. Sebisa mungkin hindari harga sangat miring.

3. Periksa Interior dan Aksesoris Mobil

Tips membeli mobil bekas berikutnya yaitu periksa lebih dulu bagian interior mobil. Pastikan beberapa aksesoris masih berfungsi dengan baik, seperti AC, switch lampu, dan sistem audionya. Selain itu, komponen keamaan layaknya sabuk pengaman juga harus diperhatikan.

Jika fitur-fitur tersebut memang masih bagus, maka selanjutnya Anda harus memeriksa bagian interior mobil. Hal ini dapat dilakukan dengan duduk pada kursinya untuk mengecek kenyamanannya. Aroma juga perlu diperhatikan, bau apek biasanya mengindikasikan kendaraan tersebut pernah kebanjiran.

4. Cek Body dan Mesin Mobil

Setelah interior, kini saatnya untuk memastikan bagian eksterior. Pertama, Anda harus memastikan keorisinilan beberapa komponen seperti pintu dan kaca kendaraan serta kap mesin. Selain itu, pastikan kondisi cat serta rangka utama atau chassis mobil tersebut apakah ada bekas perbaikan atau tidak.

Satu lagi kondisi yang harus diperiksa adalah mesin kendaraan. Pastikan mobil mudah di-­starter serta tidak terdapat kebocoran pada salah satu komponen. Untuk memeriksa rem serta transmisi dan kaki mobil, Anda dapat meminta pemilik melakukan test drive sehingga bisa merasakan secara langsung.

Itulah beberapa tips membeli mobil bekas berkualitas. Meskipun bekas, pastikan incaran Anda masih memiliki komponen bagus serta performa baik. Jangan mudah tergiur dengan harga miring sebab kualitas juga dipengaruhi oleh tarif yang diberikan oleh pemilik showroom

Jangan lupa dishare ya!

You May Also Like

About the Author: Fedame

Orangnya kurus, hobinya utek-utek, suka musik, kebiasaannya mengaji, rajin beribadah, menantu idaman dan calon Ayah andalan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, konten dilindungi.