Ketahui Berbagai Penyebab Sakit Punggung Pada Wanita

Penyebab Sakit Punggung Pada Wanita

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami saking punggung setidaknya sekali seumur hidup. Namun, risiko sakit punggung justru lebih rentan terjadi pada wanita karena hal-hal yang lebih spesifik. Berikut ini beberapa penyebab sakit punggung pada wanita yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

9 Penyebab Sakit Punggung pada Wanita yang Perlu diwaspadai

Terlepas dari usia dan jenis kelamin, penyebab sakit punggung yang paling umum terjadi adalah postur tubuh yang buruk. Punggung juga bisa terasa nyeri akibat terlalu banyak mengulang aktivitas tertentu yang mengakibatkan tekanan berlebihan, cedera fisik, dan salah melakukan gerakan.

Penyebab Sakit Punggung pada Wanita yang harus diwaspadai

Pada dasarnya, sakit punggung bisa dipicu oleh trauma ataupun kondisi medis yang berhubungan dengan tulang belakang, cakram, ligamen, dan saraf di sekitarnya. Mengutip dari laman Medical News Today, berikut ini beberapa penyebab sakit punggung pada wanita, baik wanita muda, hamil dan remaja yang patut diwaspadai menurut fedame.

1. Coccydynia

Penyebab sakit punggung pada wanita satu ini merupakan nyeri di tulang ekor pasca melahirkan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh trauma pada area sekitar panggul akibat cedera setelah proses melahirkan.

2. Degenerative spondylolisthesis

Penyebab sakit punggung pada wanita berikutnya adalah degenerative spondylolisthesis yang terjadi ketika cakram tulang belakang tergelincir karena aus. Biasanya, kondisi seperti ini lebih rentan terjadi pada wanita yang mengalami menopause.

Sebab, menopause mengakibatkan kadar ekstrogen menurun sehingga tulang rawan menipis dan ligamen melonggar. Hal inilah yang membuat ruas tulang belakang menjadi tidak stabil.

3. Disfungsi sendi sacroiliac

Sacroiliac joint dysfunction atau disfungsi sendi sacroiliac ini dikatakan sebagai penyebab sakit punggung yang paling umum dirasakan oleh wanita. Perlu Anda ketahui, sendi sacroiliac adalah penghubung antara bagian bawah tulang belakang dengan tulang panggul.

Biasanya, wanita memiliki luas permukaan sendi sacroiliac yang lebih kecil, kurang melengkung, dan tidak merata ketimbang pria. Faktor-faktor inilah yang akhirnya menyebabkan rasa sakit di sekitar punggung ketika terjadi tekanan di seluruh area sendi.

4. Disminore

Istilah medis satu ini untuk menggambarkan nyeri dan kram di area perut bagian bawah sebelum atau selama haid berlangsung yang menjalar hingga punggung. Nyeri haid biasanya terjadi saat otot rahim berkontraksi cukup kuat untuk meluruhkan jaringan-jaringan di sekitar dindingnya.

Umumnya, sakit punggung yang terjadi selama haid bersifat ringan. Namun pada kasus-kasus tertentu, intensitas nyeri ini bisa sangat hebat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Endometriosis

Endometriosis merupakan kelainan ginekologis yang disebabkan adanya pertumbuhan jaringan di luar dinding rahim yang kemudian menumpuk jadi endapan. Seiring berjalannya waktu, endapan tersebut menyebabkan peradangan dan memicu rasa nyeri pada perut bagian bawah. Bahkan, sebagian wanita kerap merasakan nyeri tersebut menjalar dari punggung hingga kaki.

6. Osteoporosis

Osteoporosis seringkali terjadi karena kepadatan tulang menurun sehingga tulang gampang retak dan patah. Kepadatan tulang yang berkurang ini membuat tubuh jadi tak mampu lagi menyokong beban sehingga saraf dan seluruh otot punggung tertekan. Hal inilah yang memicu terjadinya sakit punggung.

Wanita diklaim empat kali lebih rentan mengalami osteoporosis ketimbang pria, apalagi setelah menopause. Sebab, menopause mengakibatkan tubuh kekurangan hormon estrogen. Padahal, hormon ini berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang.

7. Pengapuran sendi

Spinal osteoarthritis atau pengapuran sendi juga diketahui sebagai salah satu penyebab sakit punggung pada wanita. Kondisi ini seringkali menyebabkan kerusakan tulang rawan pada sendi facet yang ada di tulang belakang. Tanpa adanya bantalan di antara tulang rawan, ruas antar tulang belakang berisiko mengalami gesekan sehingga menyebabkan rasa sakit.

8. Sindrom piriformis

Piriformis syndrome atau sindrom piriformis juga dikatakan sebagai sakit atau nyeri pada otot area pantat. Nyeri di area ini biasanya diakibatkan oleh cedera otot karena mengejan terlalu kuat saat proses persalinan. Meski pusat nyeri berada di area pantat, tapi rasa sakitnya bisa menjalar hingga punggung.

9. Sciatica

Sciatica merupakan rasa sakit yang disebabkan adanya saraf yang terjepit ataupun rusak di punggung bagian bawah akibat piringan sendi menonjol ke tulang belakang.

Biasanya, sciatica ini terjadi pada wanita hamil akibat berat kandungan yang terus bertambah sehingga memberikan tekanan berlebih pada persendian panggul. Perubahan posisi bayi pun turut menambah tekanan pada saraf panggul dan jadi penyebab sakit punggung.

Nah, itu tadi beberapa penyebab sakit punggung pada wanita yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter apabila Anda merasakan sakit di sekitar area punggung sebelum kondisinya semakin parah.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ya!

You May Also Like

About the Author: Fedame

Orangnya kurus, hobinya utek-utek, suka musik, kebiasaannya mengaji, rajin beribadah, menantu idaman dan calon Ayah andalan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, konten dilindungi.