Awas Salah Pilih! Ini Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Ampuh

Awas Salah Pilih! Ini Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Ampuh

Obat batuk untuk ibu menyusui memang banyak jenisnya, namun tak boleh asal-asalan dalam memilih obat tersebut.

Pasalnya jika asal minum saja tanpa mengetahui aman tidaknya, bisa membahayakan si bayi.

Oleh karenanya, penting sekali bagi anda yang saat ini sedang menyusui sang buah hati dan memiliki keluhan batuk, agar memilih obat batuk yang tepat.

Berikut ini obat batuk yang terbukti aman bagi ibu dan bayi:

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman bagi Kesehatan Ibu dan Bayi

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman bagi Kesehatan Ibu dan Bayi

1. Dekongestan

Dekongestan dapat digunakan untuk meringankan batuk, karena mengandung zat fenylefedrin dan pseudofedrin.

Obat tersebut bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah pada hidung sehingga anda dapat bernapas dengan lega. Namun dosisnya perlu diperhatikan, jangan diminum jika batuk anda sudah reda.

Pasalnya jika diminum secara berlebihan dapat menurunkan kadar ASI, tetapi masih aman untuk digunakan oleh ibu menyusui.

2. Dextrometorfan

Obat dextrometorfan merupakan obat batuk yang banyak ditemui di apotik karena termasuk obat bebas, meskipun obat ini aman bagi ibu menyusui, namun penggunaannya harus tetap hati-hati.

Harap perhatikan reaksi bayi anda, hendaknya anda minum setelah bayi anda selasai menyusu, karena bisa jadi bayi anda memiliki reaksi alergi terhadap obat batuk tersebut.

Jika bayi anda menjadi gelisah, gatal-gatal, atau tubuhnya mendadak jadi demam setelah menyusu, segera hentikan minum obat ini dan segeralah hubungi dokter terdekat.

Namun jika tak muncul reaksi apa-apa pada bayi anda setelah anda meminum obat tersebut, maka obat tersebut masih aman dikonsumsi, asalkan sesuai dengan dosis yang ditentukan.

3. Antihistamin

Antihistamin umumnya digunakan untuk meredakan alergi, namun obat tersebut juga bisa digunakan untuk menghilangkan penyakit batuk yang timbul karena reaksi alergi pada ibu menyusui.

Obat ini memiliki efek samping mengantuk jika memiliki  kandungan aktif klorfeniramin dan difenhidramin.

Lain halnya dengan Antihistamin yang memiliki bahan aktif fexofenadin dan loratadin, kombinasi kedua bahan aktif tersebut  tak menyebabkan kantuk jika dikonsumsi.

Oleh karenanya silahkan anda pilih antihistamin yang cocok untuk kebutuhan anda.

Selain obat diatas, ada juga obat alami yang cukup ampuh dan aman untuk mengatasi batuk pada ibu menyusui. Berikut ulasannya:

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami Tanpa Efek Samping

1. Air Putih Hangat

Air putih hangat adalah obat yang ampuh dan murah meriah untuk mengatasi batuk yang membandel.

Caranya cukup rebus air putih, kalau sudah mendidih biarkan hingga tidak terlalu panas (hangat-hangat), lalu minumlah selagi hangat ketika anda mengalami batuk saat menyusui buah hati tercinta.

Tidak hanya itu, anda bisa juga tambahkan sedikit garam, karena kandungan garam bisa mempermudah keluarnya dahak, jika batuknya memiliki dahak.

2. Sari Cuka Apel

Obat tersebut berasal dari sari apel yang sudah difermentasi dan dihasilkanlah cuka alami. Cuka apel ini memiliki kandungan inulin prebiotik yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun bagi ibu menyusui.

Sistem imun tersebut akan membasmi virus dan bakteri penyebab penyakit batuk pada ibu menyusui.

Untuk mendapatkan khasiat dari sari cuka apel caranya sangat mudah, cukup tuanglah 2 sendok sari cuka apel ke dalam gelas berisi air hangat, bisa juga ditambahkan sedikit madu. Lalu minumlah 3 kali sehari.

3. Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit sangat penting untuk menguatkan sistem imun pada ibu menyusui.

Pasalnya kurkumin pada kunyit digunakan untuk penyembuhan flu akibat virus influenza, namun tak hanya itu, hasil penelitian terbaru oleh ilmuwan menunjukkan bahwa kurkumin pada kunyit juga dapat menyembuhkan batuk, serta menambah nafsu makan.

Cara mengkonsumsinya sangatlah mudah, cukup tambahkan ekstrak bubuk kunyit pada air hangat lalu tambahkan gula, atau bisa juga diberi sedikit madu.

4. Jahe

Siapa yang tak kenal Jahe? Semua kalangan sudah tak asing lagi dengan obat yang satu ini, karena kerap dijual sebagai minuman herbal untuk penambah stamina.

Namun tak hanya itu saja, jahe juga berkhasiat ampuh sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit flu dan batuk pada ibu menyusui.

Untuk mengobati batuk pada ibu menyusui, jahe cukup dirajang lalu dimasukkan ke dalam gelas berisi air panas lalu tambahkan sedikit gula. Minumlah minuman jahe selagi hangat.

Baca Juga:
Begini Cara Mengatasi Pencemaran Udara
Cara menghilangkan kerutan di dahi

5. Jeruk Nipis

Ramuan jeruk nipis sudah terbukti turun-temurun dari nenek moyang kita untuk menyembuhkan penyakit batuk yang membandel.

Cara menggunakannya pun tidak begitu sulit, cukup belah jeruk nipis pakai pisau, lalu peras dan ambil airnya, perasan air jeruk ini bisa ditambah sedikit madu lalu diminum 3 kali sehari.

Demikianlah ulasan Fedame mengenai obat batuk untuk ibu menyusui yang aman bagi ibu dan bayi, semoga bermanfaat.

Jangan lupa dibagikan ya!

You May Also Like

About the Author: Joko Susilo

Best Quotes "Bacalah jika ingin mengenal dunia, Menulislah jika ingin dikenal dunia"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, konten dilindungi.