Mood Anda Tak Kunjung Membaik? Ini 7 Ciri-ciri Orang Depresi

Mood Anda Tak Kunjung Membaik Ini Ciri - ciri Orang Depresi

Ciri-ciri orang depresi umumnya tidak disadari, ketika mood anda buruk atau anda baru saja menerima penolakan dari orang yang anda cintai, hingga mengganggu kehidupan anda.

Anda mengira ini merupakan gejala dari stres, pasalnya stres merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang, namun bila kondisi tersebut terjadi hingga beberapa bulan, waspadalah bisa jadi anda mengalami ciri-ciri orang depresi.

Bagaimana  ciri-ciri orang yang depresi? Simak penjelasannya menurut Fedame:

Ciri-ciri Orang Depresi yang Patut Anda Waspadai

Ciri-ciri Orang Depresi

1.  Mood selalu Bermasalah

Tiap hari anda tiba-tiba menjadi tidak bersemangat, rasanya semua hal yang ingin anda  kerjakan terasa sangat buruk dan tidak bergairah sama sekali.    

Tak hanya itu, ini juga terjadi saat anda bertemu dengan orang lain, anda sering merasa tidak nyaman, dan cenderung menjauh dari interaksi sosial, mungkin penyebabnya adalah pada  suasana hati anda (mood).       

Mood yang buruk (bad mood) memang kerap terjadi dan menjadi permasalahan setiap orang, namun jika kondisi mood anda tak kunjung membaik selama berminggu-minggu maka perlu diwaspadai anda sedang depresi ringan.

2.  Mengalami Kesedihan yang Mendalam

Anda baru saja mengalami kejadian yang tidak anda inginkan, bahkan membuat anda merasa sedih yang teramat dalam, seperti ketika anda kehilangan keluarga yang anda sayangi.   

Kesedihan ini akan terus berkelanjutan tanpa ada henti-hentinya, kejadian ini membuat anda  mengalami trauma batin yang susah untuk disembuhkan. Inilah yang membuat anda menjadi  terpuruk.

3.  Putus Asa yang Berkepanjangan

Memiliki impian yang belum terealisasikan menyebabkan anda kehilangan harapan, misalnya anda seorang mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan Tugas Akhir dari dosen.

Faktanya ketika anda konsultasi dengan dosen, anda mendapat banyak kritikan dan coretan yang begitu banyak. 

Semua kritik dan saran dari dosen pembimbing sudah anda lakukan, tapi naas tetap saja salah, hingga anda frustasi dan putus asa.

Atau anda seorang pengusaha. Sudah ribuan kali anda mencoba membangun usaha dari nol tetapi masih belum sukses juga, hingga anda sudah menyerah dan takut untuk memulainya lagi. Maka perlu anda camkan anda sudah masuk kategori depresi.  

4.  Tidak Teraturnya Siklus Menstruasi

Biasanya ciri ini merupakan ciri depresi remaja, khususnya remaja wanita. Banyaknya pikiran dan masalah yang bertubi-tubi membuat anda menjadi stres secara berkepanjangan.

Ketahuilah stres yang berlebihan mengakibatkan hormon estrogen dan progesteron naik turun tidak menentu (fluktuaktif). Hal ini dapat berakibat buruk pada kesehatan reproduksi anda,

Pasalnya hormon estrogen dan progesteron yang tidak stabil dapat mengakibatkan siklus menstruasi anda sedikit terlambat dan cenderung tidak teratur.

Jika hal ini terjadi pada diri anda, segeralah hubungi dokter terdekat.Baca Juga:

Baca Juga:
Manfaat Jahe Merah untuk Pria
Ini Kadar Gula Darah Normal Menurut Usia

5.  Penurunan Gairah Seks

Saat stres melanda, tubuh anda akan memberikan respon dengan mengeluarkan hormon penghilang stres yakni kortisol dan epinefrin. Namun jika tubuh anda kurang fit, produksi kedua hormon tersebut akan terganggu.

Akibatnya tubuh akan mengalami stres berat yang berkepanjangan atau depresi. Maka Tak heran, hasrat seks (libido) anda akan menurun.   

Jika sudah demikian, jangan anggap remeh. Cobalah untuk rileks, berolahraga, liburan atau bisa juga istirahat dan tidur dengan teratur.

Dengan cara tersebut depresi anda akan hilang dan kehidupan seks anda akan normal kembali.

6.  Merasa Tidak Berguna

Seringkali usaha-usaha yang telah anda lakukan selalu dipandang rendah dan cenderung tidak dihargai. Alhasil anda merasa sudah tidak berguna lagi.

Anda dihantui rasa serba salah, mengurung diri dan cenderung takut untuk bertindak, ketika anda dalam posisi ini anda dapat berbagi cerita dengan orang yang anda percayai, dengan berbagi cerita, beban masalah anda akan sedikit berkurang.

Cara lain untuk mengatasinya yakni cobalah untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Semua masalah memang diciptakan oleh Tuhan untuk kita, agar kita bisa lebih tegar dan lebih dewasa dalam menghadapi setiap permasalahan hidup.

7.  Ingin Mengakhiri Hidup

Ciri-ciri Orang Depresi yang terakhir ini sangat berbahaya yakni ingin mengahiri hidup. jika anda mengalami ini, berarti anda telah mengalami depresi berat.

Anda merasa sudah tidak ada gunanya lagi untuk hidup, mungkin karena masalah yang begitu berat menimpa diri anda, dan tidak bisa terselesaikan.

Sebelum anda memutuskan melakukan tindakan ceroboh yang membuat nyawa anda melayang, ada baiknya anda pikirkan ulang, setiap masalah pasti ada solusinya.

Coba cari dukungan dari orang-orang terdekat anda, bisa sahabat anda, pacar anda atau pergilah ke psikiater agar diterapi, jika anda masih belum membaik.

Jika masih belum membaik juga cobalah untuk bermeditasi, berdoa, berdzikir pada Tuhan, agar anda bisa tenang dan tentram. Dengan demikian, anda akan sadar akan pentinya nyawa yang diberikan oleh Tuhan pada kita.

Itulah ciri-ciri orang depresi yang kerap tidak disadari oleh kebanyakan orang, seberat apapun masalah anda pasti ada jalan keluarnya. Jadi jangan mudah putus asa, tetaplah bersemangat dalam menjalani hidup.

Jangan lupa dibagikan ya!

You May Also Like

About the Author: Joko Susilo

Best Quotes "Bacalah jika ingin mengenal dunia, Menulislah jika ingin dikenal dunia"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, konten dilindungi.