Bayi Anda Lahir Prematur? Begini Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Bayi Anda Lahir Prematur? Begini Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Memiliki bayi sehat dan gemuk memang karunia yang luar biasa, selain lucu dan imut, kehadiran bayi tersebut akan membuat keluarga menjadi bahagia, namun bagaimana jika bayi Anda lahir prematur? jangan berkecil hati, cukup lakukan saja cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk.

Merawat bayi prematur memang gampang-gampang susah, pasalnya Anda harus ekstra telaten, sabar dan hati-hati, hal ini berkaitan dengan kondisi fisik bayi yang belum sepenuhnya beradaptasi dengan lingkungan diluar rahim ibu.

Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa faktor penyebab bayi Anda terlahir prematur:

Faktor Penyebab Kelahiran Prematur Pada Bayi

  • Usia Ibu yang terlalu muda (dibawah 17 tahun) dan terlalu tua (diatas 35 tahun)
  • Penyakit anemia maupun diabetes
  • Pendarahan saat kehamilan
  • Infeksi saat kehamilan
  • Air ketuban pecah sebelum waktunya
  • Kelainan pada plasenta
  • Hamil kembar
  • Stres berat
  • Gaya hidup tak sehat

Jika Anda mengalami satu atau beberapa faktor penyebab tersebut, segeralah pergi ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Biasanya dokter akan melakukan persalinan darurat agar bayi lahir dengan selamat, namun Anda jangan kecewa karena terlahir prematur dengan berat kurang dari normal, karena cara Fedame berikut akan membantu mempercepat bayi prematur yang semula kurus menjadi gemuk.  

Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk Secara Tepat dan Aman

Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk Secara Tepat dan Aman

Cara ini dapat Anda lakukan setelah bayi tersebut telah dibolehkan pulang oleh dokter, jika belum dibolehkan pulang maka jangan paksakan bayi buat pulang ke rumah.

Pasalnya kondisi fisik bayi seperti paru-paru maupun organ internal bayi masih belum siap beradaptasi tanpa alat bantu inkubator dari dokter. Nah, berikut ini cara yang dapat Anda lakukan jika bayi sudah siap dirawat di rumah:

1. Berikan ASI Eksklusif Secara Berkala

Dengan memberikan ASI eksklusif secara rutin tiap 2 jam sekali dapat membantu menaikkan berat badan bayi prematur. Selain itu, Anda juga bisa memberi susu formula sesuai anjuran dokter sebagai pendamping ASI agar kebutuhan kalori bayi prematur tercukupi dengan baik.

Salah satu pertanda bayi prematur mendapat ASI yang cukup yakni si bayi buang air kecil sebanyak 6 hingga 8 kali dalam sehari. Selain itu, pemberian vitamin sesuai anjuran dokter juga dapat membantu pertumbuhan bayi prematur agar tumbuh dengan baik.

2. Jaga Suhu Tubuh Bayi Agar Tetap Optimal

Cara selanjutnya untuk merawat bayi prematur agar cepat gemuk adalah dengan menjaga suhu tubuh bayi pada kisaran suhu 36-37 O Celcius. Selain itu, dengan perawatan yang terbaik seperti menjaga suhu ruangan agar tetap hangat, juga berpengaruh penting pada perkembangan kesehatan dan bobot bayi prematur.

3. Gendong Bayi Seperti Kanguru (GBSK)

Metode menggendong bayi layaknya bayi kanguru tersebut dilakukan dengan menempelkan bayi ke kulit tanpa memakai pakaian.

Hal ini dapat membantu menjaga kehangatan bayi, membantu tidur bayi menjadi lebih nyenyak, mengurangi stres pada bayi prematur, menjaga detak jantung tetap teratur, memperkuat daya tahan tubuh, serta meningkatkan produksi ASI.

4. Lakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter

Jangan lupa lakukan pemeriksaan rutin bayi prematur ke dokter spesialis anak. Pasalnya dengan melakukan pemeriksaan rutin, akan mempermudah mengetahui perkembangan berat badan pada bayi prematur. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan penimbangan berat badan bayi secara berkala.

Selain itu, dokter juga bisa melakukan imunisasi khusus, jika memang itu perlu untuk dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap ancaman penyakit serius.

Baca juga:
Ini ciri ciri bayi akan berkulit putih
Begini cara mengatasi gigi goyang agar tidak copot

5. Jaga Posisi Tidur Bayi

Ingat, posisi tidur juga sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan berat badan bayi. Selalu pastikan bayi tidur dalam posisi telentang agar bayi terhindar dari kesulitan bernapas karena SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau dikenal dengan sindrom kematian bayi secara mendadak.

Oleh karena itu, selalu awasi bayi Anda agar tidak tidur miring atau tidur tengkurap yang sangat membahayakan.

Nah, itulah 5 cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk, jangan mudah putus asa dalam merawat buah hati Anda agar menjadi lebih gemuk dan sehat, semoga berhasil!

Jangan lupa dibagikan ya!

You May Also Like

About the Author: Joko Susilo

Best Quotes "Bacalah jika ingin mengenal dunia, Menulislah jika ingin dikenal dunia"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, konten dilindungi.