Bagaimana Sih Cara Mengatasi Gigi Goyang Agar Tidak Copot?

Cara Mengatasi Gigi Goyang Agar Tidak Copot dengan Bahan-bahan Alami

Tak sedikit orang yang penasaran dengan cara mengatasi gigi goyang agar tidak copot. Pasalnya, gigi goyang adalah salah satu masalah pada gigi yang kerap terjadi pada sebagian orang. Lantas, apa yang menyebabkan gigi goyang? Bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya? berikut ulasan lengkap menurut fedame.

Apa penyebab gigi goyang?

Salah satu penyebab utama gigi Anda goyang adalah penyakit periodontitis yang disebabkan adanya akumulasi plak di permukaan gigi. Plak gigi yang tidak dibersihkan dengan benar bisa mengeras menjadi karang gigi yang kemudian menyebabkan radang gusi atau gingivitis.

Apabila tidak segera diatasi, gigi goyang bisa berlanjut menjadi periodontitis kronis. Bahkan, penyakit ini bisa memicu infeksi yang disebut periodontal abses.

Cara Mengatasi Gigi Goyang Agar Tidak Copot dengan Bahan-bahan Alami

Bagaimana Sih Cara Mengatasi Gigi Goyang Agar Tidak Copot

Gigi goyang tentu akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari, terutama aktivitas yang melibatkan gerakan mulut. Gigi goyang juga bisa memengaruhi gerakan bicara Anda dan saat mengunyah makanan. Oleh sebab itulah, gigi goyang harus segera diatasi dengan baik.

Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk menangani gigi goyang, yaitu dengan cara medis ataupun tradisional. Berikut ulasannya.

1. Cara mengatasi gigi goyang agar tidak copot secara medis

Jika penyebab gigi goyang adalah periodontitis, maka biasanya dokter akan memberikan antibiotik, membersihkan karang gigi, dan menghaluskan akar. Pada kerusakan yang lebih parah, misalnya perlekatan gusi ke gigi telah rusak dan terjadi poket gigi yang dalam, maka tindakan yang dilakukan adalah kuretase pada gigi atau pengikisan dinding gusi.

Dengan cara ini, gigi goyang akan difiksasi ke gigi sebelahnya yang masih dalam kondisi baik menggunakan tindakan splinting. Tindakan ini dilakukan agar gigi tidak goyang saat mengunyah atau selama proses pemulihan dan penyembuhan tulang. Kemudian, splint tersebut akan dilepas saat pasien datang untuk kontrol dan tulang telah sembuh sepenuhnya.

2. Cara mengatasi gigi goyang agar tidak copot dengan cara tradisional

Selain cara medis, Anda juga bisa mengatasi gigi goyang dengan cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah, seperti:

  • Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang juga disebut sebagai agen antimikroba. Apabila gigi yang goyang disebabkan oleh infeksi, maka menempelkan bawang putih di atas gusi gigi yang goyang bisa membantu menyingkirkan mikroba berbahaya dalam waktu singkat.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mengiris bawang putih dan meletakkan satu atau dua di antara gusi serta pipi bagian dalam. Biarkan bawang berada di sana selama mungkin. Bila perlu, ulangi cara ini 2-3 kali dalam sehari.

  • Air garam

Garam dikenal mengandung mineral yang sangat tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gigi goyang secara alami. Anda bisa membuat air garam dengan cara mencampur segelas air hangat bersama 3 sendok teh garam.

Gunakan air tersebut untuk berkumur setiap pagi dan malam, sesaat setelah Anda menggosok gigi. Dijamin gigi goyang akan perlahan sirna karena air garam mampu meredakan infeksi dan membersihkan berbagai kuman yang ada di mulut.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis seringkali digunakan sebagai penguat gigi goyang karena memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Untuk menggunakannya, Anda harus memotong jeruk nipis menjadi dua bagian.

Kemudian, beri taburan garam pada bagian dalam jeruk secukupnya. Oleskan pada gigi yang goyang secara merata, lalu diamkan beberapa menit sebelum diakhiri dengan berkumur menggunakan air hangat.

Baca juga:
Ini peran suami saat istri hamil
Manfaat jahe merah untuk pria paling ampuh

  • Kunyit dan lada hitam

Siapa sangka, ternyata campuran kunyit dan lada hitam juga kerap dipilih sebagai cara mengatasi gigi goyang agar tidak copot. Pasalnya, kedua bumbu dapur ini memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi. Selain itu, campuran kunyit dan lada hitam juga mampu mengembalikan kekuatan gusi. 

Cara meracik kunyit dan lada hitam ini cukup mudah. Campurkan kedua bahan dalam jumlah seimbang, lalu lumatkan sampai halus sebelum dioleskan pada gusi. Diamkan selama kurang lebih 2 menit, lalu bilas sampai benar-benar bersih.

  • Minyak kelapa

Sejak dahulu, minyak kelapa dikenal memiliki manfaat yang sangat luas untuk kesehatan mulut dan gigi. Proses penggunaan minyak kelapa ini bukan hanya untuk menyerap semua kotoran di setiap sudut gigi, tapi juga membunuh mikroba berbahaya yang berada di dalam mulut.

Cara penggunaannya, sebelum menyikat gigi di pagi hari, sebaiknya Anda berkumur menggunakan minyak kelapa sekitar 15-20 menit. Buang minyak dan bilas mulut dengan air hangat, lalu sikatlah gigi seperti biasa sampai benar-benar bersih.

Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak wijen dan minyak zaitun. Ulangi cara ini setiap pagi atau sebelum tidur untuk hasil yang lebih maksimal. Demikian beberapa cara mengatasi gigi goyang agar tidak copot yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ya!

You May Also Like

About the Author: Fedame

Orangnya kurus, hobinya utek-utek, suka musik, kebiasaannya mengaji, rajin beribadah, menantu idaman dan calon Ayah andalan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, konten dilindungi.