Begini Cara Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Begini Cara Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Otomotif merupakan bidang usaha yang cukup menjanjikan mulai dari usaha jual mobil baru, aksesoris hingga jual beli mobil bekas. Jenis bisnis yang bisa dibilang membawa untung besar dan menjanjikan adalah mobil bekas. Jika berniat untuk memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang sebaiknya perlu diperhatikan.

Memang bisnis jual beli mobil bekas adalah sesuatu yang menjanjikan. Namun sebaiknya ada hal-hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Mobil bekas memang jadi solusi bagi banyak orang yang tak mampu membeli mobil baru. Maka dari itu, lakukan sederet cara jika memang ingin memulai di bidang usaha mobil bekas.

Persiapan Bisnis Mobil Bekas

Langkah awal menjadi hal terpenting dalam sebuah bisnis. Semua ini wajib dilakukan termasuk jika mencicipi bisnis mobil bekas. Cobalah untuk melakukan riset yang mendalam dan matang mengenai bisnis ini. Dengan begitu bisnis bisa sesuai dengan target market dan juga penjualan bisa memenuhi target. Berikut sederet hal yang perlu ada dalam persiapan.

1. Pilih lokasi yang strategis

Sebagai permulaan sebuah bisnis, lokasi jadi hal yang pertama-tama perlu dipikirkan. Lokasi bisnis bisa sangat mempengaruhi perkembangan bisnis tersebut. Jika punya modal besar, buat dealer mobil bekas yang mewah dengan ragam fasilitas. Dengan begitu akan ada banyak mobil yang dijual.

Namun jika tak punya modal besar, pilih tempat yang memang strategis agar dengan mudah orang mengetahui lokasi bisnis. Memang tak punya banyak tempat untuk menaruh mobil tapi setidaknya orang mengetahui keberadaan bisnis. Beberapa kategori lokasi strategis antara lain dekat dengan perumahan penduduk dan juga di dekat jalan raya.

Orang pasti akan banyak mencari mobil bekas ketika hari Sabtu dan Minggu. Maka sebaiknya jangan terlalu jauh dengan perumahan agar orang dengan mudah mengakses. Usahakan dekat dengan tempat rekreasi keluarga lainnya agar bisa dikunjungi orang sekaligus. Tak masalah jika membuka bisnis di sentra jual beli mobil bekas.

2. Mulai memilih tipe mobil

Saat akan memulai, cobalah untuk mencatat jenis atau tipe mobil mana yang mau dijual. Ketika di awal bisnis usahakan memilih mobil yang aman terlebih dahulu. Artinya jangan ambil risiko mengambil mobil yang sulit dijual. Jika sulit dijual maka akan sulit mendapatkan keuntungan kembali yang bisa dipakai untuk melanjutkan bisnis.

Lakukan riset tipe mobil yang sedang disukai oleh orang Indonesia. Coba cari harga pasaran yang masih tinggi sehingga saat menjual mobil bekas ke pelanggan tidak perlu takut ditawar sangat jauh. Jangan lupa untuk memilih mobil yang tidak terlalu tua sebab biasanya orang malas membelinya karena perawatannya yang mahal.

Tak hanya itu, pertimbangan lain adalah soal spare part yang dijual. Orang Indonesia sangat memperhatikan perawatan mobil bekas selanjutnya jadi pastikan onderdil mobil tersebut masih mudah ditemukan. Pastinya persiapan dan riset ini akan membantu para pengusaha mobil bekas pemula agar tidak salah membeli mobil bekas.

Kekuatan Jaringan dalam Bisnis Mobil Bekas

Langkah selanjutnya dalam bisnis ini adalah kekuatan relasi atau networking. Salah satu cara bagi para pengusaha adalah mencoba seluas-luasnya mendapatkan jaringan. Apalagi jika belum memahami betul dunia otomotif. Jika banyak networking, pastinya ada banyak informasi yang digali misalnya tren mobil bekas hingga seluk beluk mengenai bisnis ini.

Berikutnya networking juga bisa membantu bisnis bila mengalami kendala. Misalnya sedang merencanakan sebuah bisnis mobil bekas yang besar. Jika yakin dengan perencanaan bisnis tersebut, cobalah ajak salah satu networking agar bisa diajak kerjasama. Memang untuk usaha mobil bekas dibutuhkan banyak modal besar dan kerjasama antara beberapa orang.

Tak hanya untuk urusan modal saja. Networking juga sangat dibutuhkan dalam teknik pemasaran. Memang benar sekarang media sosial menjadi teknik pemasaran yang ampuh. Memakai teknologi lain seperti e-commerce juga bisa jadi pilihan. Tapi bisnis tidak bisa meninggalkan kekuatan jaringan atau networking.

Semakin luas jaringan maka akan semakin luas orang mengetahui bisnis yang sedang dijalankan. Kekuatan word of mouth akan membantu orang lebih mengenal bisnis mobil bekas apalagi jika mengalami pengalaman yang menyenangkan seperti mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Testimoni pelanggan menjadi hal yang utama dalam bisnis.

Hal Teknis Seputar Bisnis Mobil Bekas

Persiapan dan juga pemasaran perlu didukung juga dengan teknis bisnis sehari-hari. Sebagai pebisnis mobil bekas pemula, seseorang perlu mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan keberhasilan penjualan. Biasanya kurangnya informasi soal urusan teknis membuat pebisnis mendapatkan mobil bekas yang kurang berkualitas atau menjualnya dengan cara salah.

1. Perbaiki Mobil Sedikit

Saat berbisnis mobil bekas, cobalah untuk mencari mekanik yang bisa melakukan perbaikan kecil misalnya ada baretan cat atau hal minor lainnya yang berhubungan dengan mesin. Cara ini bisa menaikkan harga jual. Selain itu, orang akan lebih percaya dengan mobil bekas yang dijual bila dalam kondisi yang bersih.

Jangan lupa ketika membeli mobil, sebaiknya ada mekanik yang mengecek kondisi mobil tersebut. Jika kondisinya terlalu parah coba pikir ulang mengenai biaya perbaikan. Sebab jika dijual kembali harganya bisa sangat jatuh karena kondisi mobil yang kurang prima. Namun bila memang mau nekat, jangan ragu untuk menawar harga yang lebih rendah.

2. Cari mobil dari penjual langsung

Sebagai agen jual beli mobil bekas, pastinya bisnis ini menjadi perantara antara orang yang ingin menjual dan membeli mobil bekas. Banyak orang yang cenderung malas berurusan dengan jual beli ini. Maka orang akan lebih senang menitipkannya ke dealer jual beli mobil bekas agar cepat laku.

Dengan begitu sebagai agen sebaiknya langsung membeli dari sang pemilik. Hindari makelar mobil yang justru akan membuat harga mobil semakin melambung karena bukan tangan pertama. Selain itu, membeli dari pemiliknya langsung akan membuat mekanik memahami masalah yang ada di mobil tersebut.

Bila mendapatkannya dari makelar maka tentu saja akan sebisa mungkin ditutupi kekurangannya. Mekanik juga wajib mengetahui kondisi pemakaian mobil sehari-hari. Apakah dipakai jarak jauh setiap hari? Atau hanya dipakai di sekitaran komplek? Kondisi ini bisa jadi faktor yang mempengaruhi harga mobil bekas.

3. Cek kelengkapan surat

Sebagai warga yang taat hukum, pastikan mobil bekas dalam kondisi yang aman dan resmi. Jangan sampai tertipu dengan STNK maupun BPKB yang palsu. Kondisi ini bisa membuat susah kondisi usaha. Teliti kembali surat-surat yang dibawa terutama pajak. Perihal pembayaran pajak saja membuat perbedaan harga yang mungkin cukup signifikan.

Cek juga kelengkapan lainnya misalnya buku servis atau perkakas bawaan dari mobil tersebut. Ternyata ada pengaruhnya pula terhadap harga mobil. Misalnya pada mobil yang masih memiliki jatah servis gratis di dealer resmi. Maka akan jadi daya tarik bagi pembelinya. Selain itu, semakin lengkap juga semakin orang yakin membeli mobil bekas.

Memang susah susah gampang dalam mencicipi bisnis mobil bekas. Peluangnya besar dan berpotensi mendapatkan untung berlipat. Rata-rata penjualan satu mobil bisa meraup untuk Rp 3 juta sampai Rp 10 juta. Semua itu bisa didapat dengan memperhatikan beberapa trik di atas mulai dari proses persiapan, pemasaran hingga teknis penjualan mobil bekas sehari-hari.

Nah demikian Artikel tentang bagaimana cara berbisnis jual beli mobil bekas menurut fedame.org, semoga bermanfaat.

Jangan lupa dibagikan ya!

You May Also Like

About the Author: Fedame

Orangnya kurus, hobinya utek-utek, suka musik, kebiasaannya mengaji, rajin beribadah, menantu idaman dan calon Ayah andalan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *