Cara Bisnis Online Shop untuk Pemula sebagai Tambahan Penghasilan

Cara Bisnis Online Shop untuk Pemula sebagai Tambahan Penghasilan

Saat membuka sebuah usaha dapat dilakukan hanya melalui internet dan smartphone saja, bahkan tanpa harus memiliki barang terlebih dahulu.

Hal ini merupakan cara bisnis online shop untuk pemula yang termudah karena dapat dilakukan oleh siapa saja.

5 Cara Bisnis Online Shop untuk Pemula

5 Cara Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Online shop kini semakin ngetren di kalangan masyarakat karena merebaknya penggunaan smartphone yang mudah dijangkau oleh hampir berbagai kalangan.

Berikut terdapat lima poin penting bagi pemula dalam membuka usaha secara online yang dikutip dari situs yang mengulas tentang bisnis yaitu lurus:

1. Tentukan Jenis Barang yang Ingin Dijual

Sebelum memulai berjualan tentu Anda harus menentukan jenis barang yang hendak dijual. Pastikan untuk melihat mangsa pasar terlebih dahulu agar tepat sasaran. Misal, jika saat ini sedang dibutuhkan masker kain maka ada baiknya untuk membuka usaha tersebut.

Selain itu, bisa juga dengan memilih barang yang sekiranya memiliki masa pakai tak terbatas atau hampir selalu dibutuhkan oleh masyarakat seperti baju, bahan makanan mentah, sembako dan lain-lain.

2. Temukan Supplier Barang Terpercaya

Menemukan supplier barang yang ingin Anda jual tentu harus memilih secara hati-hati karena tidak sedikit orang melakukan kecurangan dalam bertransaksi. Maka dari itu, bisa mencoba dengan membeli dulu sebagai tester untuk memastikan semuanya sesuai dengan pesanan.

Salah satu cara termudah untuk mencari supplier ialah pastikan memiliki grup khusus melalui WhatsApp untuk memberitahukan berbagai informasi mengenai barang misal ketersediaan stok dan lain sebagainya.

3. Mulai Mendaftar Pada Marketplace

Mendaftarlah pada marketplace merupakan salah satu cara bisnis online shop untuk pemula termudah karena di sana merupakan tempat teraman bagi pembeli dalam melakukan transaksi sehingga banyak orang yang mencari barang tertentu langsung pada layanan ini.

Mendaftarnya cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah diberikan oleh pihak marketplace. Siapkan KTP atau identitas lainnya untuk kelengkapan data penjual. Tak hanya itu, pastikan memiliki foto produk yang jelas beserta deskripsi untuk mengisi toko online Anda.

4. Mulai Membuat Akun Sosial Media Khusus Berbisnis

Selain marketplace, Anda juga dapat mulai membuka toko online melalui sosial media seperti Facebook atau Instagram. Keduanya merupakan cara termudah untuk berpromosi karena memiliki potensi pembelian terbesar.

Anda bisa membuat akun khusus untuk bisnis sehingga tidak tercampur dengan milik pribadi serta bisa lebih fokus. Memerlukan informasi lain seperti alamat email atau nomor handphone untuk mendaftar pada sosial media dan ikuti instruksi selanjutnya.

Baca juga:
Ide bisnis online olahan jagung
Cara memulai bisnis jual beli mobil bekas

5. Mulai Berbisnis

Jika semua langkah sudah dilakukan maka Anda bisa langsung membuka toko dan berpromosi melalui berbagai akun media sosial yang dimiliki seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan lain sebagainya.

Saat berpromosi pastikan untuk tidak terlalu berlebihan sehingga tidak dianggap spam oleh pembaca atau penerima chat Anda. Jadwalkan kegiatan tersebut selama beberapa kali saja dalam seminggu sehingga tidak mengganggu orang lain.

Berbisnis saat ini sudah semakin mudah karena dapat dilakukan secara online dengan handphone atau laptop saja. Cara melakukannya pun sangat mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja dari muda hingga tua.

Jika Anda tertarik untuk memiliki usaha melalui internet seperti marketplace atau sosial media maka pastikan untuk mengetahui cara bisnis online shop untuk pemula terlebih dahulu agar hasil penjualan juga lebih maksimal.

Demikian yang bisa fedame bagikan, semoga bermanfaat.

Jangan lupa dibagikan ya!

You May Also Like

About the Author: Fedame

Orangnya kurus, hobinya utek-utek, suka musik, kebiasaannya mengaji, rajin beribadah, menantu idaman dan calon Ayah andalan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, konten dilindungi.