Teknik Dasar Cara Bermain Bulu Tangkis untuk Pemula

Teknik Dasar Cara Bermain Bulu Tangkis untuk Pemula

Bulutangkis merupakan salah satu permainan atau olahraga yang sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat, baik itu anak-anak hingga orang tua. Akan tetapi rata-rata ketika menerapkan cara bermain bulu tangkis hanya setengah-setengah, dalam artian yang penting bisa memukul balik bola lawan dan tidak sampai keluar garis.

Bagaimana Cara Bermain Bulu Tangkis?

Bagaimana Cara Bermain Bulu Tangkis

Sebenarnya ada beberapa teknik bulu tangkis khusus yang perlu dipahami apalagi bagi pemula. Memang terlihat gampang-gampang susah, akan tetap untuk bisa menjadi pemain handal minimal harus mengetahui hal ini, di antaranya:

1. Cara Memegang Raket

Memegang raket merupakan bagian paling dasar dari cara bermain bulu tangkis. Di sini ada terdapat dua teknik yang bisa diterapkan pertama adalah forehand, yaitu menggenggam raket seperti berjabat tangan dan diarahkan menyamping.

Sedangkan yang kedua adalah backhand. Pada teknik ini sebenarnya tidak berbeda jauh, hanya saja Anda harus membuat punggung tangan berada di depan. Lebih mudahnya posisi ibu jari hanya tinggal diubah mendekati jari telunjuk.

2. Cara Mengayunkan Pukulan

Pada permainan bulu tangkis atau badminton terdapat cara memukul shuttlecock yang umum digunakan, yaitu forehand. Caranya adalah dengan memosisikan kaki menjadi menyilang dengan memiringkan badan ke arah kanan.

Kemudian, Anda harus memukul shuttlecock dengan menggerakkan bahu ke depan. Selain itu, telapak tangan juga harus mengahdap ke depan. Ketika mulai memberikan pukulan, biarkan lengan bergerak terus ke bawah dan jika ingin clear, maka lakukan dengan keras.

3. Langkah Footwork

Footwork merupakan salah satu teknik gerakan untuk kelincahan kaki yang harus dipahami. Dalam sebuah permainan bulu tangkis, bagian ini juga sama pentingnya dengan menguasai teknik memukul. Sebab hal tersebut juga akan mempengaruhi kualitas bermain.

Ketika terjadi keharmonisan gerakan antar anggota tubuh seperti tangan, badan dan kaki, maka permainan akan menjadi sangat bagus. Apalagi teknik ini bukan hanya berguna untuk menyerang lawan saja, namun juga untuk bertahan dari serangan.

4. Cara Memposisikan Badan

Selain memahami teknik untuk bertahan, memukul dan sejenisnya maka selanjutnya Anda juga harus bisa memposisikan badan. Artinya tubuh dengan gerakan refleks dan posisi yang baik juga akan mempengaruhi kualitas permainan.

Secara umum ketika akan memukul shuttlecock posisi badan menjadi menyamping ke arah net dengan kaki kiri di bagian depan. Kondisi tubuh yang seperti itu akan bisa dipastikan Anda dapat menerima pukulan lawan dengan baik.

5. Cara Memulai Service

Service merupakan bagian awal untuk memulai permainan bulu tangkis dengan memukul shuttlecock. Pada bagian ini jika Anda yang mendapat giliran pukulan di awal, maka usahakan untuk tidak sampai di depan lawan.

Maksudnya adalah dengan memukul shuttlecock ke arah menyamping atau belakang lawan supaya tidak bisa mengembalikan bola. Sebab jika tidak demikian maka sama saja dengan bunuh diri.

Setelah Anda menguasai beberapa hal teknis diatas, Anda bisa mempraktekkannya dengan cara bermain baik tunggal maupun ganda.

Itulah beberapa teknik dasar tentang cara bermain bulu tangkis menurut fedame yang perlu Anda pahami, supaya kedepannya bisa jadi lebih hebat.

Jangan lupa untuk dibagikan ya supaya yang lainnya juga bisa memahami!

You May Also Like

About the Author: Fedame

Orangnya kurus, hobinya utek-utek, suka musik, kebiasaannya mengaji, rajin beribadah, menantu idaman dan calon Ayah andalan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *