Penting! Begini Cara Mengatasi Pencemaran Udara

Penting! Begini Cara Mengatasi Pencemaran Udara

Cara mengatasi pencemaran udara di lingkungan menjadi tindakan yang sangat penting, pasalnya pencemaran udara atau polusi udara memiliki dampak buruk bagi paru-paru kita.

Terlebih lagi kita juga harus melestarikan dan menjaga keseimbangan lingkungan. Kita mau tinggal dimana kalau lingkungan kita rusak, iya kan?

Oleh karenanya kita sebagai manusia, kita memiliki tanggungjawab penuh dalam  melindungi lingkungan agar tetap dalam kondisi asri dengan udara yang sejuk tanpa polutan.

Berikut ini cara sederhana untuk mengatasi pencemaran udara menurut Fedame:

Cara Mengatasi Pencemaran Udara Secara Tepat dan Efisien

Cara Mengatasi Pencemaran Udara Secara Tepat dan Efisien

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan alat transportasi yang hampir tiap orang memiliki, baik itu sepeda motor maupun mobil, penggunanya pun makin meningkat dari tahun ke tahun.

Apa penyebabnya? ya karena Irit, efisien, dan harga yang relatif murahlah yang membuat orang berbondong-bondong beralih dari menggunakan transportasi umum ke transportasi pribadi.

Perlu anda ketahui bahwa kemudahan akses kendaraan pribadi tersebut memiliki efek buruk bagi lingkungan.

Pasalnya gas buangan atau asap kendaraan tersebut dapat mencemari udara di lingkungan, akibatnya konsentrasi gas buangan di udara akan meningkat secara drastis.

Gas buangan karbon monoksida (CO) sangatlah berbahaya bagi siapa saja yang menghirupnya, baik itu hewan maupun manusia.

Nah oleh karenanya, kita sebagai warga negara yang baik, hendaknya kita mengurangi penggunaan kendaraan pribadi tersebut.

Jika kita mau bepergian jauh, alternatifnya bisa pakai kendaraan umum seperti bus, mikrolet atau kereta api.

Untuk bepergian jarak dekat kita bisa menggunakan sepeda kayuh, atau bisa juga sepeda listrik yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.

2. Menerapkan Reboisasi

Tahukah Anda dengan melakukan reboisasi (menanam tanaman pada areal hutan yang kosong) dapat menyuplai kadar oksigen bagi dunia?

Biasanya setelah terjadi kebakaran hutan, asap terkumpul di udara dan akan hilang beberapa hari setelah dilakukan reboisasi pada hutan tersebut.

Selain itu ada cara lain yang lebih sederhana, dengan menanam tanaman budidaya seperti tomat maupun cabe pada polybag atau pot di rumah kita, sudah cukup membantu kok.

Apalagi kalau sampai menanam pohon di pekarangan rumah, bisa lebih dahsyat lagi manfaatnya, memang kelihatannya remeh, tapi manfaatnya luar biasa.

Mengapa demikian? Alasannya karena tumbuhan memiliki mekanisme Fotosintesis yang dapat mendaur ulang gas karbon monoksida (CO) maupun gas karbon dioksida (CO2) di udara.

Gas tersebut biasanya berasal dari asap kendaraan maupun asap pabrik. Hasil dari daur ulang tersebut adalah gas oksigen (O2) yang bermanfaat bagi makhluk hidup.

Tanpa adanya tumbuhan tersebut, kita tidak akan menikmati oksigen bebas yang gratis dan tak terbatas di udara.

3. Mengurangi Kebiasaan Merokok

Cara mengatasi pencemaran udara berikutnya adalah mengurangi kebiasaat merokok.

Merokok adalah salah satu aktifitas yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan, biasanya para pria penggemar setianya.

Selain itu, merokok merupakan aktifitas yang kurang produktif, Pasalnya uang yang anda terima tiap bulan dalam bentuk gaji, anda habiskan untuk keperluan rokok yang seharusnya bisa anda tabung.

Belum lagi gas hasil pembakaran rokok sangat berbahaya bagi siapa saja yang menghirupnya.

Namun mengapa negara tidak melarang peredaran dan penjualan rokok? salah satu jawabannya sangatlah memprihatinkan, karena pemasukan negara terbesar berasal dari biaya cukai rokok.  

Oleh karenanya, jika memang anda seorang perokok, kurangilah kebiasaan merokok. Sedikit demi sedikit, nanti lama-kelamaan anda akan terbiasa tidak merokok, dan saat itu anda rasakan perbedaannya uang anda akan mengumpul dan tidak cepat habis.

Bahkan tidak hanya itu, anda juga ikut serta dalam melindungi lingkungan dari pencemaran udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

4. Tidak Membakar Sampah

Sampah merupakan salah satu dari sekian masalah akibat meningkatnya aktifitas konsumsi maupun produksi oleh makhluk hidup di bumi, khususnya manusia.

Oleh karenanya, sampah harus diolah dan ditangani secara tepat dan efisien agar tidak menimbulkan masalah.

Namun, seringkali penanganan sampah yang salah, justru malah menimbulkan masalah baru yang lebih serius seperti pencemaran udara akibat pembakaran sampah. Oleh sebab itu jangan sekali-kali membakar sampah ya!

5. Menghemat Penggunaan Listrik

Listrik adalah kebutuhan pokok setelah sandang, pangan, dan papan. Kehadirannya sangat penting saat ini, pasalnya setiap orang membutuhkan listrik. Baik itu pabrik, sekolah, lembaga pemerintah dan semua sektor di dunia membutuhkan listrik.

Listrik saat ini dihasilkan menggunakan pembangkit Listrik menggunakan bahan bakar batu bara, pembakaran batu bara inilah yang dapat mencemari udara di lingkungan. Lantas bagaimana caranya agar tidak mencemari udara?

Caranya cukup matikan peralatan yang menggunakan sumber daya listrik saat tidak digunakan. Dengan demikian anda sudah ikut serta dalam gerakan mengurangi pencemaran udara.

Nah, begitulah cara mengatasi pencemaran udara secara tepat dan efisien, dengan melakukan cara tersebut, diharapkan oksigen tetap tersedia tak terbatas di udara hingga anak cicit kita.

Jangan lupa dibagikan ya!

You May Also Like

About the Author: Joko Susilo

Best Quotes "Bacalah jika ingin mengenal dunia, Menulislah jika ingin dikenal dunia"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *