Apa Saja Peran Suami Saat Istri Hamil? Begini Penjelasannya!

Apa Saja Peran Suami Saat Istri Hamil? Begini Penjelasannya!

Peran suami saat istri hamil sangatlah penting. Mengingat kehamilan adalah anugerah terindah karena didalam perut istri ada calon bayi yang di idam-idamkan.

Apalagi kehamilan pertama, istri dan jabang bayi harus di jaga dan di beri perhatian ekstra, iya kan?

Saat istri hamil sangat butuh bantuan dari suami baik fisik maupun psikis, hal ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan bayi dalam kandungan hingga masa persalinan tiba.

Nah, Apa saja yang perlu dan wajib suami lakukan untuk istri tercinta saat sedang hamil? tunjukkan kepedulian Anda sebagai suami dengan cara ini:

Peran Suami saat Istri Hamil sampai Melahirkan Sang Buah Hati

Peran Suami saat Istri Hamil sampai Melahirkan Sang Buah Hati

1. Utamakan Perhatian Kepada Istri dan Calon Bayi

Memberikan perhatian pada istri merupakan hal yang sangat penting, mengelus perut istri, mencium perut, dan membelai dapat berpengaruh terhadap psikologis calon bayi dalam kandungan.

Mengajak calon bayi berbicara juga memberi dampak positif untuk menjalin hubungan ikatan batin yang harmonis antara calon bayi dengan ayahnya. Mendengarkan setiap cerita dan keluh kesah istri juga dapat membantu memperingan beban psikologis istri saat hamil, baik itu saat hamil muda hingga masa kelahiran tiba.

2. Menjaga Kesehatan Istri

Kesehatan istri adalah hal terpenting, Pasalnya bila istri kurang sehat akan sangat berpengaruh pada kesehatan janin yang dikandungnya.

Lantas Bagaimana caranya? suami dapat menjaga kesehatan istri tercinta dengan cara memberikan makanan yang memiliki gizi yang baik, serta selalu mengawasi istri jangan sampai melakukan aktivitas yang terlalu berat.

3. Menyenangkan Istri

Jika istri senang maka jabang bayi dalam kandungan juga akan senang dan tersenyum. Maka dari itu Anda sebagai suami hendaknya memanjakan dan menuruti keinginan istri sewaktu mengandung.

Jangan sekali-kali membuat istri marah atau sedih apalagi sampai menangis, ingatlah jabang bayi yang Anda nanti-nantikan, karena perasaan istri yang sedang mengandung akan berpengaruh sekali terhadap kondisi psikologis si jabang bayi.

Baca Juga:
Manfaat susu kedelai untuk payudara wanita
Cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk

4. Menolong Istri saat Mengalami Keluhan

Masa mengandung merupakan masa yang paling bahagia dan paling sulit penuh perjuangan terutama bagi istri. Bagaimana tidak, 9 bulan membawa si jabang bayi dalam perut kemanapun. Belum lagi saat menginjak usia 6 bulan keatas si jabang bayi akan semakin besar dan berat.  

Oleh karenanya jika istri mengeluh, Anda sebagai suami harus tanggap dan cekatan. Misalnya saat istri merasa mual tidak enak makan, merasa kesemutan, maka Anda sebagai suami harus memijitnya dengan lembut dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.

Atau jika mengalami keluhan yang menghawatirkan Anda harus dengan sigap mengantar dan menemaninya periksa ke dokter.

5. Menemani Istri Mengikuti Kelas Prenatal

Ikut menemani istri mengikuti kelas prenatal sangat membantu sekali, karena dalam kelas tersebut ada banyak hal seputar kehamilan, dan persiapan menuju persalinan yang aman.

Jadi setelah mengikuti kelas tersebut, Anda menjadi tahu sehingga lebih sigap dan tidak sembrono pada kesehatan Istri dan si jabang bayi.

6. Bersabar saat Mood Istri Berubah-ubah

Aktivitas hormonal yang fluktuaktif tidak menentu pada masa kehamilan, membuat istri menjadi labil dan mudah tersinggung, maka Anda sebagai suami harus memahami dan memaklumi akan hal ini.

Cukup bersabar saja ketika istri mengalami perubahan mood (mood swing), meskipun ini adalah hal tersulit bagi Anda karena istri akan berbeda dari biasanya, menjadi rewel dan sangat manja.

7. Membantu Tugas Rumah Tangga

Seiring perkembangan usia kandungan, maka istri akan semakin kesulitan dalam beraktivitas dan bergerak. Oleh karenanya, Anda harus menggantikan tugasnya, seperti menyapu, mencuci piring, mencuci pakaian ataupun memasak.

Namun, jika memiliki pembantu rumah tangga, hal ini bisa diabaikan karena tugas ini bisa diambil alih oleh pembantu rumah tangga yang bekerja di rumah Anda.   

8. Memasak Makanan yang Diinginkan Istri

Umumnya yang dialami istri saat masa kehamilan yakni ngidam makanan tertentu. “Ngidam “merupakan istilah bahasa jawa yang berarti menginginkan sesuatu termasuk makanan.

Nah, Anda sebagai suami bisa memasak makanan favorit istri atau makanan yang sedang diinginkan istri saat itu juga, atau jika Anda kesulitan memasak bisa membeli makanan yang diinginkan oleh istri tersebut.

9. Menemani Istri Periksa ke Dokter

Satu hal wajib yang tidak bisa ditawar lagi yakni menemani dan mengantar istri pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi dan perkembangan si jabang bayi. Setidaknya Anda beserta istri melakukan pemeriksaan rutin sesuai dengan anjuran dokter.

Pasalnya jika Anda mengabaikannya, bisa berdampak buruk bagi calon bayi dalam kandungan. Kadangkala berat badan yang kurang atau karena posisi janin yang sungsang seringkali terjadi jika Anda teledor dalam memeriksakan istri anda ke dokter.  

10. Mempersiapkan Segala Hal Terkait Persalinan

Peran terakhir Anda saat istri sedang hamil adalah memepersiapkan segala kebutuhan untuk persiapan persalinan. Pasalnya persalinan merupakan kelahiran bayi yang ditunggu-tungu oleh semua orang, khususnya keluarga Anda.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan? jadi Anda cukup mempersiapkan biaya persalinan, biaya untuk syukuran lahiran bayi, transportasi untuk mengantar ke rumah sakit, serta mempersiapkan peralatan dan pakaian bayi. Jangan lupa juga temani istri saat tengah melahirkan buah hati Anda.

Nah, itulah 10 peran suami saat istri hamil hingga persalinan tiba yang dapat Fedame sajikan.

Jangan lupa dibagikan ya!

You May Also Like

About the Author: Joko Susilo

Best Quotes "Bacalah jika ingin mengenal dunia, Menulislah jika ingin dikenal dunia"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mohon maaf, konten dilindungi.